Friday, January 9, 2015

Rumah kita adalah kebun kita

Posted by Unknown On 12:32 AM | No comments
Di perkotaan belakang ini sedang digalakkan gerakan urban farming, Jakarta, Surabaya dan Malang keliatannya segera mengikuti. Seperti yang dilakukan oleh walikota Bandung Ridwan Kamil yang sedang gencar melakukan gerakan bercocok tanam massal yang judul "berkampung kebun". Mengingat Bandung sendiri adalah salah satu kota Besar di Indonesia dan padat pendudukanya sehingga tidak tiap rumah mempunyai lahan yang luas. Namun hal ini tidak menghalangi niat untuk berkebun / bercocok tanam. Ridwan Kamil menganjurkan agar warganya bercocok tanam dimana saja, di halaman rumah, dinding ataupun atap rumah. Nah tuh.....tak ada alasan tidak punya lahan membuat kita tidak bisa berkebun.


Bercocok tanah tidak hanya diladang atau dikebun namun juga bisa kita lakukan di halaman sempit sekalipun, dinding rumah, maupun diatas dak rumah. Dengan menanam sayuran di rumah kita bisa memanen dalam waktu yang relatif singkat , yakni 1 bulan kangkung, 40 hari untuk sawi . Dengan pola urban farming kaum urban mampu menjadi produsen sayur - sayuran sehat paling tidak  konsumsi untuk keluarga sendiri.

Media tanam yang bisa digunakan bisa tanah maupun non tanah. Teknik bercocok tanam bisa menggunakan cara konvesional, aquaponik, hidroponik, maupun cara-cara lain 
Cara konvesional yang dimaksud adalah menanam sayuran dengan menggunakan media tanah seperti biasa dilakukan oleh petani. Sayuran yang kami tanam tidak menggunakan pestisida  untuk mengusir hama. Cara aman untuk menggunakan daun sirsat.
menanam sayur sawi di belakang rumah dengan media tanah
slada dalal botol aqua yang digantung disisi tangga jemuran menggunakan media tanah

Aquaponik merupakan teknik bercocok tanam dari kombinasi antara aquaculture atau budidaya ikan dan hidroponic. Aquaponik integrasi siklus antara aquaculture dan hidroponik, air yang digunakan sebagai media hidup ikan dialirkan dan dimanfaatkan oleh tumbuhan dan dikembalikan lagi airnya kedalam wadah ikan. Dan air yang dikembalikan ini sudah diperkecil kadar nitratnya oleh tumbuhan.
menanam tomat ceri menggunakan sistem aquaponik
 
menanam sayur sawi, kangkung, tomat dengan teknik aquaponik

Hidroponik merupan cara bercocok tanam dengan menggunakan air tanpa melibatkan tanah sebagai medianya. Air dalam sistem hidroponik dilengkapi dengan nutrsi khusus untuk pertumbuhan tanaman. Meskipun media utamanya air justru dengan sistem hidroponik kebutuhan akan air lebih dibanding bercocok tanam menggunakan tanah, dengan bercocok tanah hidroponik juga bisa relatif bisa ditempatkan diarea-area sempit yang memiliki.


 
sayur dalam pipa dengan memanfaatkan dinding pagar rumah. 
menanam kangkung hidroponik dengan sistem rakit apung




0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Cari ide rumah ?????

Anda sedang mencari ide untuk rumah? dapatkan download gratis desain rumah di web "DayandraStudio"