Thursday, February 6, 2014

Mengenal jenis-jenis tanaman tomat

Posted by Unknown On 5:32 PM | No comments
Sebelum kita menanam tomat sebaiknya kita tahu bagaimana karakteristik tumbuh tomat yang kita tanam supaya tidak salah dalam perlakuannya sehingga nantinya bisa maksimal hasil tanaman tomat kita.
tanaman tomat mempunyai tinggi tanaman yang sangat bervariasi, mulai dari tanaman yang kecil yang hanya mempunyai tinggi 15 cm sampai yang bisa menjalar sampai tinggi 7m.ada tiga macam tomat di tinjau dari cara pertumbuhannya: bush(determinate) , cordon (indeterminate) ,semi determinate ,dwarf
Tanaman tomat mulai berbunga ketika sudah mempunyai antara 5-10 helai daun pada batang utamanya, setelah muncul bunga pertama inilah yang membedakan pola pertumbuhan antara tomat determinate atau indeterminate.


Determinate (bush)

Tomat jenis adalah yang paling banyak di tanam untuk skala komersial karena perawatan yang lebih mudah dan waktu panen yang cepat.











karakteristik umum tomat jenis determinate:

  • Setelah muncul bunga pertama,tomat ini akan tumbuh lag antara 0-2 titik tumbuh daun dan memunculkan bunga lagi,tetapi pertumbuhan vegetatif terhenti disisni.
  • setelah itu tunas air mulai bermunculan dan berakhir dengan muncul bunga dan berhenti tumbuh juga.
  • Tinggi tanaman rata-rata 80 cm-1 m
  • Berbuah dalam waktu relatif cepat(60 hari) dan matang dalam waktu yang hampir bersamaan
  • Buah biasanya tidak terlalu besar

Indeterminate (cordon)

Hampir semua tomat yang berbuah besar termasuk jenis ini,karena pertumbuhannya yang tinggi tomat jenis ini memerlukan ajir yang cukup kuat dan tinggi untuk menopang berat tanaman.


 

karakteristik umum tomat jenis

  • tomat jenis indeterminate setelah muncul bunga pertama cabang utama akan tumbuh terus tunas vegetatif. ciri lain tomat indeterminate antara lain:
  • Bunga muncul pada setiap 3 daun
  • Tinggi tanaman bisa mencapai 2m atau bahkan lebih
  • Buah matang tidak dalam waktu yang bersamaan.
  • Masa berbuah dan umur tanaman lebih lama daripada jenis determinate
tomat jenis ini memerlukan pemangkasan untuk menghasilkan tanaman yang sehat dan buah yang optimal, t buah tomat jenis ini biasanya mempunyai kandungan nutrisi dan kadar gula lebih tinggi.

Pola tumbuh yang lain

Sebagian besar tanaman tomat mempunyai pola tumbuh determinate atau indeterminate,akan tetapi ada sebagian kecil jenis tomat yang mempunyai pola tumbuh semi determinate atau dwarf.tomat semi determinate juga pertumbuhan tingginya berhenti pada titik tertentu tetapi masih bisa menghasilkan panenan kedua,tomat jenis ini kebanyakan merupakan tomat hibrida.

Dwarf


Tomat jenis ini hanya tumbuh pendek sehingga tidak memerlukan ajir ,sangat cocok untuk di tanam di pot kecil maupun di pot gantung.
seperti gamabar di samping ketika berbuah serentak akan sangat cantik.






Tomat determinate sangat cocok untuk di tanam di dalam pot,sedangkan tomat indeterminate bisa maksimal jika di tanam langsung di tanah apabila di tanam di pot tentunya memerlukan ukuran yang lebih besar.
sedangkan tomat jenis dwarf sangat cocokdi tanam di pot gantung atau di pot kecil sebagai tanaman hias karena terlihat ornamental,jadi bagi yang mempunyai lahan yang benar-benar terbatas bisa mencoba menanam tomat jenis ini.







0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Cari ide rumah ?????

Anda sedang mencari ide untuk rumah? dapatkan download gratis desain rumah di web "DayandraStudio"