Wednesday, December 18, 2013

Apakah aquaponik itu?
Aquaponik adalah suatu metode yang mensinergikan antara budidaya ikan(aquakultur) dan budidaya tanaman secara hidroponik dalam satu sistem terpadu.kotoran dan sisa pakan ikan menghasilkan zat yang bisa berfungsi sebagai nutrisi untuk tanaman,sedangkan tanaman berfungsi menyerap zat-zat tersebut sehingga ketika kembali lagi ke kolam air akan kembali bersih dan sehat untuk lingkungan ikan.
Konsep Aquaponik ini merupakan gabungan budidaya ikan dan tanaman (buah sayuran) dalam satu tempat untuk memproduksi bahan makanan secara efisien dan berkualitas. Sistem ini semakin banyak dilakukan dibisa menguntungkan secara finansial. 
Kita bisa mengembangkan sistem aquaponik dirumah kita sendiri dengan tujuan hasilnya dapat kita manfaatkan untuk memenuhi keperluan dapur. Kita dapat bertani ikan dan sayur dalam area yang sama dan lahan tidak terlalu luas. Dikolam ikan koi rumah kami hanya berukuran 1,2m x 1,5 m (cukup munggil).

Bagaimana cara kerja sistem aquaponik?
alur siklus aquaponik
Dalam aquakultur dengan sistem resirkulasi kita mengenal adanya siklus nitrogen yaitu amonia sisa metabolisme ikan di ubah oleh bakteri menguntungkan menjadi nitrit kemudian menjadi nitrat. Nitrat inilah nantinya yang di konsumsi oleh tanaman sehingga air yang kembali ke kolam menjadi lebih sehat untuk ikan karena zat racun dari sisa kotoran ikan di serap oleh tanaman.
Aquaponik merupakan simbiosis saling menguntungkan antara ikan,bakteri dan tanaman.
Aquaponik integrasi siklus antara aquaculture dan hidroponik, air yang digunakan sebagai media hidup ikan dialirkan dan dimanfaatkan oleh tumbuhan dan dikembalikan lagi airnya kedalam wadah ikan.
Beberapa keunggulan aquaponik
  • Organik dan ramah lingkungan. Nutrisi tanaman berasal dari kotoran ikan yang di proses oleh bakteri menguntungkan dan juga sistem ini hanya memerlukan 1/10 kebutuhan air daripada budidaya konvensional.
  • Tidak diperlukan lagi penyiangan. Sistem ini menghilangkan kegiatan penyiangan gulma. 
  • Tidak ada lagi hama tanah. Hama dan penyakit yang berasal dari tanah dapat di minimalkan karena media tanam tidak menggunakan tanah.
  • Tidak perlu lagi penyiraman manual.Air secara konsisten disirkulasikan, dan tidak akan kehilangan air akibat penyerapan tanah.
  • Mendapatkan hasil ganda. Disamping sayuran bisa di panen , ikannya pun dapat di panen juga, karena sistem aquaponik menghasilkan keduanya. 
Ikan yang dapat dipanen
Selain ikan koi, kami juga memelihara ikan mujaer, ikan nila, serta ikan gurami. Benih ikan nila kami beli di pasar ikan splinded malang dengan harga yang cukup murah yaitu Rp.1000 saja per biji. Menurut info sebenarnya ada benih yang lebih murah lagi yaitu di balai benih di kota wisata Batu, namun hari sabtu minggu balai benihnya tutup (buka hanya dihari kerja) sehingga kami tidak bisa membelinya disana.
Setelah kami sebar benih ikan sebesar ibu jari (harga beli Rp.1000), kira 4-6 bulanan ikan dapat dipanen.
Sayuran yang dapat dipanen
Berkebun sayuran adalah hal yang menyenangkan ,selain kita senang melihat tanaman sayuran turut meng hijaukan taman,kita juga bisa memetik hasilnya untuk kita makan yang tentunya lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida kimia.
sawi dan tomat pada sistem aquaponik
Kolam mungil kami dapat menghidupi tomat, kangkung, pakcoy, sawi putih, bunga kol (cauiflower). tomat dan sawi putih.
kangkung dalam gentong dirumah kami yang terintegrasi dalam sistem aquaponik
Kangkung yang ditanam dalam sistem aquaponik  bisa berasal dari benih biji kangkung ataupun bagian bawah kangkung yang masih terdapat akarnya (cara menanam kangkung dalam gentong)
Selain sayuran diatas, dikolam aquaponik kami terdapat bunga melati air serta buah stroberi (cara menanam stroberi diatas kolam koi).

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Cari ide rumah ?????

Anda sedang mencari ide untuk rumah? dapatkan download gratis desain rumah di web "DayandraStudio"