Thursday, April 24, 2014

Inilah 4 rekor dunia untuk tomat

Posted by Unknown On 12:54 AM | No comments
Berikut adalah beberapa informasi tentang rekor tomat yang kami himpun dari pelbagai sumber :

1. Pohon tomat terbesar
Berdasarkan catatan dari Guinnes Book of world record juga tercatat bahwa pohon tomat terbesar adalah pohon tomat yang ditanam di disney world resort experimental greenhouse yang mampu menghasilkan lebih dari 32000 buah tomat yang mencapai berat total sekitar 522 kg.Tanaman ini di temukan di beijing china oleh Yong Huang  manajer agricultural science epcot center dan benihnya di bawa dan di tanam di experimental greenhouse disney world. Tanaman tomat ini memang layak di sebut sebagai pohon tomat karena memang tampilannya seperti pohon yang berbuah sangat lebat.Saat ini pohon tomat ini masih bisa dilihat di Epcot center dan masih bisa menghasilkan ribuan buah tomat seukuran bola golf.

giant tree tomato at EPCOT Disney World
pohon tomat terbesar
sumber : http://www.zone10.com/climbing-tomato-queen-of-the-garden.html
2. Buah tomat terberat
Buah tomat terberat yang pernah dicatatkan dalam Guinnes Book of world record adalah seberat  3.51 kg (7pounds 12 ounces) dari varietas "delicious"  yang di tanam oleh Gordon Graham di oklahoma pada tahun 1986. Tomat ini sebesar itu oleh graham di potong untuk di sajikan untuk sandwich bagi 21 orang anggota keluarga dan sahabatnya.
tomat terberat
sumber : http://forums.gardenweb.com/forums/load/tomato/msg0717582529184.html?19

3.Tanaman tomat tertinggi

Tanaman tomat tertinggi yang pernah tercatat adalah tanaman tomat  dari varietas sungold yang di tanam oleh perusahaan hidroponik nutriculture ltd di Inggris yang mencapai tinggi 65 feet (19.8m) yang di tanam menggunakan sistem ebb & flow . Sebenarnya sampai akhir masa tanamnya tanaman tomat ini bisa tumbuh sampai 98 feet (29.8m) lebih. 

4. Festival  tomat terbesar

Festival tahunan Latomatina  merupakan festival perang tomat terbesar yang diadakan di kota Bunol dekat Valencia Spanyol,pada agustus 2007 lebih dari 40.000 orang ikut andil dalam festival ini dan menghabiskan 115.000 kg tomat.
La Tomatina, © Roger Arnold - drr.net
festival tomat latomatina
sumber : http://www.bbc.co.uk/languages/spanish/tomatina/quiz/
Puluhan ribu orang saling melempari ber ton-ton tomat dengan penuh kegembiraan dan kemeriahan. Keadaan jalanan kota Bunol ini menjadi merah serta basah oleh tomat. Festival perang makanan terbesar di Spanyol yang dikenal dengan nama Latomatina. Festival tomat ini sudah ada sejak sekitar tahun 1945, konon cerita di awali dari perang makanan yang dilakukan anak-anak di kota Bunol. 
Setelah peserta puas saling melempar tomat dalam festival ini, maka peserta festival membersihkan diri ke sungai yang terdekat dengan lokasi festival di kota Bunol.
Dengan terselenggaranya festival Latomatina dapat memberikan kontribusi pada perekonomian lokal.

sumber :
http://www.zone10.com
http://www.bbc.co.uk
 http://forums.gardenweb.com

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Cari ide rumah ?????

Anda sedang mencari ide untuk rumah? dapatkan download gratis desain rumah di web "DayandraStudio"